Breaking News

Makalah

Monday, September 26, 2016

makalah DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN

 
 
 MAKALAH

DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN

Mata Kuliah

DASAR-DASAR PENDIDIKAN



  
DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN


A.    PENDAHULUAN
Pendidikan memiliki peran sentral bagi upaya pengembangan sumber daya manusia. Adanya peran yang demikian, isi dan proses pendidikan perlu di mutakhirkan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahua dan kebutuhan masyarakat. Implikasinya, jika pada saat ini masyarakat In donesia dan dunia menghendaki tersedianya sumber daya manusia yang memiliki seperangkat kompetensi yang berstandar nasional dan internasional maka isi dan proses pendidikanya perlu diarahkan pada pencapaian kompetensi tersebut.
Untuk merumuskan kompetensi tersebut, maka perlu adanya dasar dan tujuan pendidikan. Yang mana dasar pendidikan nasional yang ideal adalah pancasila dan UUD 1945. sedangkan tujuan pendidikan nasional menurut pasal 3 UU No. 20 tahun 2003 adalah : “ untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab”.
Pendidikan berbasis kompetensi menekankan pada penguasaan kompetensi, bakat dan kemampuan (skill) yang dibutuhkan masyarakat sebagai sasaran kegiatan pendidikan. Kegiatan pendidikan yang berpusat pada peserta didik, pemberia waktu yang cukup untuk penguasaan suatu tugas pembelajaran berikutnya, dan persayaratan   adanya kreteria ketuntasan dalam penyelesaian suatu tugas pembelajaran.

B.     PERMASALAHAN

Yang akan menjadi permasalahan dalam pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Apakah dasar dan tujuan pendidikan itu ?
2.      Mengapa tujuan pendidikan selalu mengalami perubahan ?

C.    PEMBAHASAN

1.      Dasar dan Tujuan Pendidikan
Masalah dasar dan tujuan pendidikan adalah merupakan suatu masalah yang sangat fundamental dalam pelaksanaan pendidikan. Sebab dari dasar pendidikan itu akan menentukan corak dan isi pendidikan. Dan dari tujuan pendidikan akan menentukan ke arah mana anak didik itu kita bawa. 1
Masalah kehidupan adalah merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan. Bukan saja sangat penting, bahkan masalah pendidikan itu sama sekali tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Maju mundurnya suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh majunya pendidikan di negara tersebut.
Mengingat sangat pentingya kehidupan bangsa dan negara, maka hampir seluruh negara di dunia ini menangani secara langsung masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan. Dalam hal ini masing-masing negara itu mentukan sendiri dasar dan tujuan pendidikan di negaranya. Masing-masing bangsa mempunyai pandangan hidup sendiri-sendiri yang berbeda antara satu bangsa  dengan bangsa yang lain.
Demikian pula masing-masing orang mempunyai bermacam-macam tujuam pendidikan, yaitu melihat kepada cita-cita, kebutuhan dan keinginannya. Ada yang mengharapkan supaya anaknya kelak menjadi orang besar yang berjasa kepada nusa dan bangsa. Ada yang menginginkan anaknya menjadi dokter, insinyur, atau seorang ahli seni. Dan  ada pula yang mengharapkan supaya anaknya kelak menjadi ulama’ besar, panglima perang presiden dan lain-lain.
Semuanya itu tergantung pada keinginan tiap-tiap orang untuk mengarahkan anaknya agar tercapai cita-cita yang diinginkan. Berhasil atau tidaknya keinginan tiap-tiap orang itu ada hubungannya dengan bakat dan pembawaan yang dimiliki oleh tiap-tiap anak itu sendiri. Kadang-kadang keinginannya itu tidak sesuai dengan pembawaannya, sehingga akan menjadi sulit untuk mencapai tujuan tersebut.
Segala usaha atau keinginan adalah harus bertujuan, demikian pula pendidikan. Orang yang tidak mempunyai batas dan ketentuan tujuan hidupnya dan membiarkan waktu berlalu begitu saja adalah semacam benda yang tidak bernyawa, sedikitlah harapan bahwa mereka dapat menimbulkan keuntungan atau pekerjaan yang besar.2
Yang menjadi sumber dasar dan tujuan pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut :
a)      Pancasila dan UUD 1945. Pancasila disamping sebagai dasar negara, tapi juga sebagai tujuan yaitu cita-cita yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia, maka pendidikan sebagai alat pun juga berlandaskan pancasila, agar bisa menghasilkan anak didik menjadi manusia-manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pada alenia ke-empat Pembukaan UUD 1945 disebutkan bahwa : “Untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia, berdasarkan Pancasila”.3
b)      UU No. 20 Tahun 203 tentang Sitem Pendidikan Nasional Pasal 3 yang berbunyi : “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”4.
2.      Perubahan Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan mengandung nilai-nilai ideal masyarakat yang cenderung mengalami perubahan, berkat pengaruh dari tuntutan hidup yang semakin berkembang. Oleh karena itu tujuan pendidikan sering harus mengalami perubahan-perubahan sejalan dengan dinamika masyarakat. Jika dilihat dari aspek filosofis, tujuan pendidikan pada tingkat terakhir adalah optimalisasi kemampuan-kemampuan dasar anak didik yang dikembang tumbuhkan melalui proses kependidiklan tersebut sesuai kebutuhan individual dan sosial.5
Dilihaat dari aspek sosio-kultural tujua pendidikan adalah perwujudan dari hasil proses yang dicapai secara bertahap menuju kepada sasaran akhir yang paling didambakan oleh masyarakat yang berbudaya. Tujuan akhir pendidikan tidak mungkin direalisasikan secara langsung atau sekaligus  dalam waktu tertentu, melainkan harus melalui tahapan-tahapan yang semakin menagarah kepada tingkat yang paling sempurna.
Oleh karena itu pemerintah mengubah tujuan pendidikan karaena disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, serta untuk menjawab keinginan dan tuntutan masyarakat yang berkembang menuju tingkatan yang lebih tinggi dan sempurna.







D.    KESIMPULAN

Dasar dan tujuan pendidikan adalah merupakan masalah yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan, yang mana pendidikan itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Dasar dan tujuan pendidikan yaiyu Pencasila dan UUD 1945.
Tujuan pendidikan menurut Islam adalah membentuk manusia supaya sehat, cerdas, patuh, dan tunduk pada perintah Allah SWT sarta menjauhi larangan-Nya. Sehingga ia dapat berbahagia hidupnya lahir-batin, dunia-akhrat.
Tujuan akhir pendidikan adalah mendidik anak menuju kedewasaan, agae berguna bagi diri sendiri serta bagi masyarakat, bangsa dan negara. Serta dapat membantu peserta didik dalam pengembangan sumber daya manusia untuk memberdayakan prestasi yang ada di lingkungan sekitarnya.




























DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi Abu dan Uhbiyati Nur, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001, Cet.II.
Arifin, dkk, Materi Pokok Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta : Dirjen Pembinaan Kembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka, 1998, Cet. VII.
Budimansyah Dasim, Model Pembelajaran Portofolio, Bandung : Genesindo,2003, Cet. I.
Tamyiz Burhanuddin, Akhlaq Pesantren Solusi Bagi Kerusakan Akhlaq, Yogyakarta : Ittaqi Press, 2001.
Tim Dosen FIP-IKIP Malang, Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan, Surabaya : Usaha nasional, 1980.
Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang : Sistem Pendidikan Nasional Yogyakarta: Widia Wacana Press,2003.
































1 Abu Ahmadi  dan  Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan ( Semarang, Rineka Cipta, 1991) hlm. 89
2 Tim Dosen FIP-IKIP Malang, Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan, (Surabaya : Usaha nasional, 1980), hlm. 138-139.
3 Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Op.Cit. hlm. 196
4 Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang : Sistem Pendidikan Nasional (Yogjakarta: Widia Wacana Press,2003) hlm. 3
5 Arifi dan Aminuddin, Dasar-Dasar Pendidikan Modul 1-6,( Jakarta :Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1998) hlm. 163

No comments:

© Copyright YONGKIRUDI