Breaking News

Makalah

Wednesday, November 17, 2021

Buat Rumus Otomatis di Excel? Simak Caranya !

 

Microsoft Excel merupakan kalkulator sangat mutahir di dunia. Aplikasi ini memberimu peluang menghitung ribuan informasi dengan bermacam perintah kalkulasi. Dalam satu worksheet sekalian, kalian dapat melaksanakan bermacam kalkulasi cuma dalam waktu semenit. Singkatnya, Microsoft Excel mempermudahmu mengelola informasi secara semau hati, tetapi senantiasa valid. Ya, VALID.

 


Tetapi ini tidak hendak terjalin bila kalian tidak memahami rumus manajemen informasi di Excel. Di Excel, validitas rumus merupakan perihal terutama. Tanpa menguasainya, kalian cuma dapat menggunakan Excel selaku pembentuk tabel serta grafik. Sementara itu peranannya lebih jauh dari itu. Jadi biar dapat mengoptimalkan guna Excel, kalian butuh menghafal banyak rumus. Menguasai metode sort serta filter dengan baik. Pula ketahui format dari informasi yang kalian input.

 

Kerepotan? Ok, kalian tidak wajib melaksanakan tata cara manual itu. Di dasar ini kami beritahu metode membuat rumus otomatis di Excel.

 

Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang diciptakan sepaket dalam Microsoft Office. Khasiat dasarnya merupakan guna melaksanakan pembedahan aritmetika informasi. Dari pembedahan tersebut, informasi bisa divisualisasikan dalam bermacam wujud. Mulai dari pivot table, grafik, sampai histogram. Excel mempunyai pakem- pakem rumus aritmetika yang diucap“ guna”. Jenis- jenis yang sangat kerap digunakan antara lain selaku berikut.

 

1. Aggregate; rumus sangat universal yang meliputi guna jumlah- kurang- kali- bagi serta sekelasnya. Contoh kode rumusnya SUM serta COUNT.

 

2. Financial; rumus yang digunakan mengelola informasi keuangan yang memerlukan guna lingkungan( anuitas, present- future value, dsb). Misalnya PMT, PV, serta FV.

 

3. Logical; rumus yang digunakan membagikan evaluasi logis ataupun output sesuatu kegunaan. Misalnya rumus IF serta COUNTA.

 

4. Text; rumus yang digunakan buat memanipulasi output bersumber pada ciri informasi. Contohnya LEN serta UPPER.

 

5. Statistical; rumus yang digunakan perhitungan statistikal, berhubungan dengan mean, modus, serta interval. Misalnya AVERAGE, MAX, serta MIN.

 

6. Scientific; rumus meliputi perintah matematis, trigonometrika, serta logaritma. Biasa digunakan oleh teknisi. Contoh rumusnya SIN, COS, serta TAN.

Bila digunakan secara manual, fungsi- fungsi di atas sangat memusingkan. Sebab jumlah totalnya menggapai puluhan, dengan kegunaan yang berbeda. Biar lebih sederhana, terapkan saja metode membuat rumus otomatis di Excel berikut.

 

Mengaktifkan Setting Kalkulasi Otomatis Excel

 

Buat mengubah setting kalkulasi dari manual jadi otomatis, jalani langkah- langkah berikut. Kalian dapat mempraktikannya langsung.

 

1. Buka aplikasi Excel yang kalian memiliki;

 

2. Klik tab Formulas di bagian atas;






3. Klik Calculation Options -> Automatic;




Sederhana bukan? Sehabis ini, tiap kalkulasi guna yang dimasukkan secara otomatis hendak menyesuaikan diri dengan pergantian datamu. Tetapi saat sebelum itu, kalian butuh membenarkan hal- hal berikut:

 

1. Rumus yang dimasukkan benar. Misalnya, buat memperoleh output penjumlahan, kalian wajib memasukkan guna=SUM(……..). Tetapi kalian tidak mengatakan rumus dengan lengkap.

 

2. Informasi yang diinput tersusun dengan pola sejajar/ cocok rumus. Kalian tidak dapat menyatukan kalkulasi informasi yang polanya tidak sama semacam informasi tadinya.

 

3. Tiap kumpulan informasi yang diolah dengan satu rumus mempunyai tipe yang sama. Kalian tidak dapat menyatukan kalkulasi informasi berformat“ text” serta“ number” dalam satu rumus.

 

Menggunakan Fitur“ Fill Handle”

 

Fill handle merupakan fitur Excel yang hendak memudahkanmu menghitung sekian banyak informasi sekalian. Misalkan, kalian mau menjumlahkan informasi di kolom A1– A200. Dengan fill handle, kalian tidak butuh mengklik 200 informasi itu satu persatu serta memasukkannya ke dalam guna SUM. Lumayan jalani metode membuat rumus otomatis di Excel selaku berikut.

 

1. Masukkan guna di kolom yang kosong. Contoh:=SUM(.

 

2. Klik informasi paling atas yang hendak diolah. Menjajaki contoh, A1.

 

3. Tarik sudut kanan dasar informasi, drag sampai informasi terakhir yang hendak diolah. Misalnya A200.

 

4. Di kolom berisi guna=SUM( hendak timbul rumus bonus. Bunyi rumus hendak jadi=SUM( A1: A200. Tambahkan ciri“)” di akhir.

 

5. Klik Enter

 

Menulis Urutan No Secara Otomatis

 

Di Excel, kalian tidak butuh membuat no urutan secara manual. Kenyataannya, kalian dapat membuat urutan no sampai angka berapapun dengan metode berikut.

 

1. Di kolom, tulis suatu angka. Tidak wajib angka 1.

 

2. Di bawahnya kolom tersebut, tulis angka setelahnya.

 

3. Klik 2 kolom secara bersamaan

 

4. Tarik sudut kanan dasar informasi, sampai kolom cocok urutan no yang di idamkan.

 

Membuat Grafik Otomatis

 

Bosan memandang database berupa tabel? Ganti saja jadi grafik. Triknya gampang semacam berikut.

 

1. Drag informasi yang hendak ditampilkan( informasi wajib mempunyai ciri sama).

 

2. Klik Insert -> Charts -> seleksi wujud grafik yang di idamkan.

 

Seluruh panduan di atas ialah metode membuat rumus otomatis di Excel yang hendak mempermudah kegiatan kalkulasimu. Jadi tunggu terlebih? Tinggal terapkan serta rasakan kemudahan mencerna database dengan Excel.

No comments:

© Copyright YONGKIRUDI