Microsoft Excel merupakan kalkulator sangat mutahir di
dunia. Aplikasi ini memberimu peluang menghitung ribuan informasi dengan
bermacam perintah kalkulasi. Dalam satu worksheet sekalian, kalian dapat
melaksanakan bermacam kalkulasi cuma dalam waktu semenit. Singkatnya, Microsoft
Excel mempermudahmu mengelola informasi secara semau hati, tetapi senantiasa valid.
Ya, VALID.
Tetapi ini tidak hendak terjalin bila kalian tidak memahami
rumus manajemen informasi di Excel. Di Excel, validitas rumus merupakan perihal
terutama. Tanpa menguasainya, kalian cuma dapat menggunakan Excel selaku
pembentuk tabel serta grafik. Sementara itu peranannya lebih jauh dari itu.
Jadi biar dapat mengoptimalkan guna Excel, kalian butuh menghafal banyak rumus.
Menguasai metode sort serta filter dengan baik. Pula ketahui format dari
informasi yang kalian input.
Kerepotan? Ok, kalian tidak wajib melaksanakan tata cara
manual itu. Di dasar ini kami beritahu metode membuat rumus otomatis di Excel.
Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang diciptakan sepaket
dalam Microsoft Office. Khasiat dasarnya merupakan guna melaksanakan pembedahan
aritmetika informasi. Dari pembedahan tersebut, informasi bisa divisualisasikan
dalam bermacam wujud. Mulai dari pivot table, grafik, sampai histogram. Excel
mempunyai pakem- pakem rumus aritmetika yang diucap“ guna”. Jenis- jenis yang
sangat kerap digunakan antara lain selaku berikut.
1. Aggregate; rumus sangat universal yang meliputi guna
jumlah- kurang- kali- bagi serta sekelasnya. Contoh kode rumusnya SUM serta
COUNT.
2. Financial; rumus yang digunakan mengelola informasi
keuangan yang memerlukan guna lingkungan( anuitas, present- future value, dsb).
Misalnya PMT, PV, serta FV.
3. Logical; rumus yang digunakan membagikan evaluasi logis
ataupun output sesuatu kegunaan. Misalnya rumus IF serta COUNTA.
4. Text; rumus yang digunakan buat memanipulasi output
bersumber pada ciri informasi. Contohnya LEN serta UPPER.
5. Statistical; rumus yang digunakan perhitungan
statistikal, berhubungan dengan mean, modus, serta interval. Misalnya AVERAGE,
MAX, serta MIN.
6. Scientific; rumus meliputi perintah matematis,
trigonometrika, serta logaritma. Biasa digunakan oleh teknisi. Contoh rumusnya
SIN, COS, serta TAN.
Bila digunakan secara manual, fungsi- fungsi di atas sangat
memusingkan. Sebab jumlah totalnya menggapai puluhan, dengan kegunaan yang
berbeda. Biar lebih sederhana, terapkan saja metode membuat rumus otomatis di
Excel berikut.
Mengaktifkan Setting Kalkulasi Otomatis Excel
Buat mengubah setting kalkulasi dari manual jadi otomatis,
jalani langkah- langkah berikut. Kalian dapat mempraktikannya langsung.
1. Buka aplikasi Excel yang kalian memiliki;
2. Klik tab Formulas di bagian atas;
3. Klik Calculation Options -> Automatic;
Sederhana bukan? Sehabis ini, tiap kalkulasi guna yang
dimasukkan secara otomatis hendak menyesuaikan diri dengan pergantian datamu.
Tetapi saat sebelum itu, kalian butuh membenarkan hal- hal berikut:
1. Rumus yang dimasukkan benar. Misalnya, buat memperoleh
output penjumlahan, kalian wajib memasukkan guna=SUM(……..). Tetapi kalian tidak
mengatakan rumus dengan lengkap.
2. Informasi yang diinput tersusun dengan pola sejajar/
cocok rumus. Kalian tidak dapat menyatukan kalkulasi informasi yang polanya
tidak sama semacam informasi tadinya.
3. Tiap kumpulan informasi yang diolah dengan satu rumus
mempunyai tipe yang sama. Kalian tidak dapat menyatukan kalkulasi informasi
berformat“ text” serta“ number” dalam satu rumus.
Menggunakan Fitur“ Fill Handle”
Fill handle merupakan fitur Excel yang hendak memudahkanmu
menghitung sekian banyak informasi sekalian. Misalkan, kalian mau menjumlahkan
informasi di kolom A1– A200. Dengan fill handle, kalian tidak butuh mengklik
200 informasi itu satu persatu serta memasukkannya ke dalam guna SUM. Lumayan
jalani metode membuat rumus otomatis di Excel selaku berikut.
1. Masukkan guna di kolom yang kosong. Contoh:=SUM(.
2. Klik informasi paling atas yang hendak diolah. Menjajaki
contoh, A1.
3. Tarik sudut kanan dasar informasi, drag sampai informasi
terakhir yang hendak diolah. Misalnya A200.
4. Di kolom berisi guna=SUM( hendak timbul rumus bonus.
Bunyi rumus hendak jadi=SUM( A1: A200. Tambahkan ciri“)” di akhir.
5. Klik Enter
Menulis Urutan No Secara Otomatis
Di Excel, kalian tidak butuh membuat no urutan secara
manual. Kenyataannya, kalian dapat membuat urutan no sampai angka berapapun
dengan metode berikut.
1. Di kolom, tulis suatu angka. Tidak wajib angka 1.
2. Di bawahnya kolom tersebut, tulis angka setelahnya.
3. Klik 2 kolom secara bersamaan
4. Tarik sudut kanan dasar informasi, sampai kolom cocok
urutan no yang di idamkan.
Membuat Grafik Otomatis
Bosan memandang database berupa tabel? Ganti saja jadi grafik.
Triknya gampang semacam berikut.
1. Drag informasi yang hendak ditampilkan( informasi wajib
mempunyai ciri sama).
2. Klik Insert -> Charts -> seleksi wujud grafik yang
di idamkan.
Seluruh panduan di atas ialah metode membuat rumus otomatis
di Excel yang hendak mempermudah kegiatan kalkulasimu. Jadi tunggu terlebih?
Tinggal terapkan serta rasakan kemudahan mencerna database dengan Excel.
No comments:
Post a Comment