RINGKASAN
CV. Maju Jaya
Abadi merupakan sebuah perusahaan yang
bergerak dibidang general contractor,
supplier, dan developer. Perusahaan ini didirikan oleh H. Agus S. dan mulai
beroperasi pada tahun 2015. Di CV. Maju Jaya Abadi ini penggunaan teknologi
dalam pengelolaan keuangannya terbilang cukup bagus karena telah melakukan
perhitungan dengan menggunakan microsoft excel. Namun, admin masih mengalami
beberapa kesulitan terutama dalam pembuatan laporan laba rugi. Seorang admin
harus membuat laporan setiap hari dan memeriksa kesesuaian data untuk laporan
dengan data yang telah dimasukkan sebelumnya.
Berdasarkan permasalahan tersebut, CV. Maju Jaya
Abadi memerlukan solusi suatu sistem yang dapat membantu pengolahan serta
penyimpanan data keuangannya sehingga penulis mengangkat permasalahan tersebut
untuk dijadikan laporan Praktek Kerja
Lapangan dengan judul Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan pada CV. Maju Jaya
Abadi Berbasis WEB.
Praktek Kerja Lapangan ini menggunakan beberapa
metode yaitu observasi, wawancara kepada pegawai di CV. Maju Jaya Abadi serta
menggunakan teori dari buku – buku penunjang dan teori – teori yang didapatkan
selama di perkuliahan. Metode
pengebangan dari sistem pelayanan kesehatan ini menggunakan metode SDLC (System
Development Life Cycle) dan perancangannnnya menggunakan FOD (Flow of Document)
dan UML (Unified Modelling Languange) yang diharapkan dapat menghasilkan sistem
yang dapat membantu dalam pengelolaan keuangan di CV. Maju Jaya Abadi.
Kata Kunci : Sistem, Informasi, Pengelolaan, Keuangan, Pengelolaan Keuangan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Sistem informasi merupakan suatu kombinasi dari teknologi
informasi dan aktivitas dari pengguna teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen pada suatu
instansi/perusahaan. Sistem informasi diciptakan untuk memudahkan proses
pengelolaan data pada suatu instansi/perusahaan sehingga dapat menghasilkan
informasi yang tepat. Di era globalisasi sekarang ini, perkembangan teknologi
semakin pesat. Sehingga hampir seluruh kalangan dari yang memiliki usaha secara
pribadi maupun dinas instansi memanfaatkan teknologi untuk mendukung kegiatan
bisnisnya guna mempermudah dan mempercepat proses operasional yang ada di
instansi maupun perusahaan terkait.
Pada CV. Maju Jaya Abadi sudah menggunakan teknologi
informasi dengan memanfaatkan program microfost
excel. Admin membuat suatu kerangka dan rumus sesuai kebutuhan perusahaan
untuk membantu pengolahan data keuangannya. Namun admin masih kerepotan karena
harus memasukkan data satu persatu bahkan harus memasukkan satu data secara
berulang karena tidak dapat memproses data secara otomatis. Selain itu, apabila
terjadi penambahan data maka admin harus membuat kerangka beserta rumus baru di
microsoft excel sehingga membutuhkan
waktu yang lama dan menghambat operasional perusahaan dalam memasukkan data
uang masuk dan uang keluar yang dapat mengakibatkan penumpukan data perusahaan.
Selain itu, masih ada masalah lain yang menghambat proses
operasional pada CV. Maju Jaya Abadi. Yaitu pembuatan laporan keuangan yang
kurang terstruktur. Admin harus membuat laporan harian secara manual dengan
mamasukkan data secara manual setiap harinya. Selain itu admin harus menyimpan
data dengan baik untuk pembuatan laporan perbulan disetiap akhir bulan dan
laporan pertahun di setiap akhir tahun. Penyimpanan di komputer dirasa memang
sudah baik karena tidak terjadi penumpukan hard
file yang mudah tercecer dan hilang. Namun, penyimpanan data di komputer
juga dapat hilang sewaktu-waktu karena virus atau karena lupa backup data saat akan dilakukan install ulang.
Berdasarkan permasalahan yang penulis uraikan diatas, CV.
Maju Jaya Abadi memerlukan solusi suatu sistem yang dapat membantu pengolahan
serta penyimpanan data keuangannya sehingga penulis mengangkat permasalahan
tersebut untuk dijadikan laporan Praktek
Kerja Lapangan dengan judul “Sistem
Informasi Pengelolaan Keuangan pada CV. Maju Jaya Abadi Berbasis WEB”.
1.2.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah
diuraikan diatas, dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu bagaimana membuat
suatu Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan pada CV. Maju Jaya Abadi Berbasis
Web sebagai solusi untuk membantu proses pengolahan serta penyimpanan data
keuangan pada CV. Maju Jaya Abadi.
1.3.
Batasan Masalah
Agar ruang lingkup yang dibahas tidak meluas ke hal yang
lain, maka penulis membatasi masalah pada :
1.
Sistem
Informasi Pengelolaan Keuangan pada CV. Maju Jaya Abadi berbasis Web hanya
dapat diakses oleh admin, pemilik, dan manager.
2.
Sistem
Informasi Pengelolaan Keuangan pada CV. Maju Jaya Abadi berbasis Web hanya
mendata uang masuk, uang keluar, pendapatan dan biaya-biaya yang diperlukan
untuk operasional perusahaan.
3.
Bagian
admin dapat memasukkan data buyer, supplier, kas harian, pendapatan, dan
pengeluaran.
4.
Pemilik
dan manager hanya dapat melihat
laporan harian, perbulan dan pertahun.
1.4.
Manfaat Penelitian
Manfaat
penyusunan laporan PKL ini adalah sebagai berikut :
a.
Bagi
Mahasiswa
1.
Melatih
ketrampilan mahasiswa sesuai dengan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti
perkuliahan.
2.
Mengetahui
dinamika dan kondisi nyata dalam dunia kerja.
3.
Menambah
pengetahuan, wawasan serta teknologi informasi.
b.
Bagi
Universitas
1.
Kegiatan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Program Studi Sistem Informasi dapat
meningkatkan kerjasama yang baik antara Universitas dan instansi yang terkait.
2.
Sebagai
sarana promosi Universitas Muria Kudus kepada masyarakat.
1.5.
Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Tujuan
penyusunan laporan ini adalah sebagai berikut :
1.
Melengkapi
tugas mata kuliah Praktek Kerja Lapangan Program Studi Sistem Informasi
Universitas Muria Kudus.
2. Sebagai proses penerapan ilmu yang didapatkan mahasiswa selama di bangku perkuliahan.
3. Membuat Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan pada CV. Maju Jaya Abadi berbasis Web.
File Lengkapnya bisa di Download.
1 comment:
File download nya belum ada ya kak, boleh kirim ahmadnoer255@gmail.com...
Makasihhh
Post a Comment